Sudah tahukah kalian tentang apa itu backlink? menurut sepengetahuan saya, backlink masih menjadi faktor penentu sebuah halaman blog agar mudah ditemukan oleh search engine. Penempatan backlink yang tepat dan memiliki backlink yang berkualitas akan membantu meningkatkan peringkat blog kalian di halaman search engine.

apa itu backlink, manfaat backlink, jenis backlink

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebuah link yang tertanam di situs/blog orang lain dan tertuju pada situs/blog kalian.

Saya sendiri sering menggunakan istilah backlink dengan sebutan inbound link atau link masuk. Link menuju blog kalian bisa tertanam di blog orang lain tentu ada beberapa hal yang menjadi faktor penentunya, nanti akan kita bahas secara detail.

Menanam backlink tentu merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh pemilik blog agar blog kalian dengan mudah ditemukan oleh search engine. Namun cara penerapannya harus dengan prosedur yang baik dan benar, agar tepat sasaran dan sesuai yang diharapkan.

Jika kita ibaratkan, backlink adalah sebuah vote dalam pemilihan untuk menjadi rangking 1 di halaman pencarian. Semakin banyak vote yang masuk maka semakin bagus posisi halaman situs/blog tersebut. Vote tersebut sebagai pemberitahu search engine bahwa link tersebut memiliki nilai bagus karena banyak situs yang merekomendasikan.

Namun untuk menjadi rangking pertama bukan hanya backlink saja yang menentukan, ada faktor penentu lainnya seperti isi konten.

Baca Juga :
Membuat Blog Dengan Satu Niche Blog Atau Lebih? Mana Yang Terbaik?

Manfaat Backlink Bagi Blog

Backlink atau link masuk memiliki beberapa manfaat yang positif terhadap kemajuan sebuah blog, seperti :

  • Meningkatkan ranking blog di halaman pencarian
  • Mempermudah search engine menemukan blog kalian
  • Meningkatkan visitor atau pengunjung blog
  • Menjadikan blog lebih populer

Jenis Backlink Yang Sering Digunakan

Dalam prakteknya, backlink itu ada dua jenis yang biasa digunakan dalam ilmu optimasi SEO yaitu Nofollow dan Dofollow. Saya akan menjelaskan secara singkat saja tentang link Nofollow dan Dofollow.

1. Link Dofollow

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa backlink bisa diibaratkan sebuah vote yang memberitahukan kepada search engine sebagai poin untuk menilai sebuah situs/blog.

Kemudian search engine hanya membaca vote yang berasal dari link Dofollow. Artinya, jika terdapat link yang berbentuk dofollow pada sebuah situs/blog lain maka link tersebut dianggap sebagai vote atau rekomendasi yang dijadikan poin untuk menilai sebuah situs/blog tersebut.

Baca Juga :
Pengertian Seo On Page Dan Cara Penggunaannya Pada Blog

Kesimpulannya, link dofollow adalah link yang dijadikan pedoman oleh search engine sebagai poin positif untuk meningkatkan rangking halaman blog.

Contoh link dofollow :

<a href=’https://www.alimbanjar.com’>alimbanjar</a>

2. Link Nofollow

Sedangkan link nofollow merupakan kebalikan dari link dofollow, yaitu link yang dianggap oleh search engine bukan sebagai vote sehingga link tersebut diabaikan.

Jadi jika search engine menemukan link yang berupa nofollow maka link tersebut akan diabaikan dan tidak masuk sebagai poin penting untuk menilai sebuah halaman situs/blog yang dituju.

Contoh link nofollow:

<a href=’https://www.alimbanjar.com’ rel=’no follow’>alimbanjar</a>

Perbedaannya link nofollow dengan dofollow terletak pada atributnya, yaitu ada penambahan atribut no follow”.

Kesimpulannya, link nofollow merupakan link yang tidak berguna buat optimasi SEO karena tidak membantu meningkatkan rangking suatu blog di halaman search engine. Link nofollow gunanya untuk mengatasi SPAM yang berada di dunia web, karena link jenis ini akan selalu diabaikan oleh robot search engine.

Namun, secara kenyataannya link nofollow berguna jika terdapat di tempat yang tepat. Misalkan pada sebuah forum online yang populer dan blog populer, karena link nofollow dapat mendatangkan pengunjung dari klik link tersebut.

Baca Juga :
10+ Cara Optimasi Artikel Agar Seo Friendly

Cara Menerapkan Backlink

Setelah kalian paham dengan pengertian apa itu backlink, manfaat, dan jenis backlink maka selanjutnya adalah cara menerapkan backlink itu sendiri. Robot search engine lebih menyukai link yang berbentuk dofollow, namun untuk mendapatkannya butuh perjuangan keras.

Sejatinya cara menerapkan backlink itu mudah, kalian hanya bertugas menaruh link halaman blog kalian pada halaman blog orang lain. Caranya antara lain :

  • Memberikan komentar pada sebuah artikel blog orang lain
  • Bergabung pada forum online dan menaruh link pada profile, signature, dan postingan (contoh, kaskusbersosial.com)
  • Membagikan artikel blog kalian pada situs bookmark (contoh, linkedin, pinterest, reddit, dll)
  • Membagikan artikel blog ke sosial media (contoh, Google+, Facebook, Twitter, dll)
  • Meminta pemilik blog orang lain untuk menaruh link blog kalian di postingan mereka (cara ini butuh perjuangan)

Cara di atas bisa anda gunakan namun dengan batas kewajaran, artinya jangan melakukannya secara berulang-ulang dalam satu waktu karena itu justru akan dianggap SPAM oleh search engine. Batas kewajarannya bisa anda tetapkan misal 10 link per hari.

Saya kira cukup itu saja yang bsia saya jelaskan mengenai apa itu backlink. Saya harap artikel ini bisa membantu kalian yang membutuhkan referensi atau wawasan yang lebih mendalam mengenai backlink.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here