Pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian apa itu hosting. Soalnya banyak muncul pertanyaan tentang hosting dan apa saja manfaat hosting terhadap blog. Setelah saya telusuri untuk keyword hosting memang luar biasa, pencarian rata-rata per bulannya mencapai 1 juta.

apa itu hosting

Jika kita berbicara mengenai website, blog, social media, internet, domain, dll… maka hosting yang menjadikan mereka ada. Oleh karena itu, pengaruh hosting terhadap kegiatan online yang membutuhkan jaringan internet sangat besar.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah sebuah tempat, wadah, space online yang digunakan untuk menyimpan berbagai file yang dibutuhkan oleh sebuah situs.

Jika kalian memiliki sebuah situs atau blog pasti memiliki sebuah domain, artikel, dan pengunjung. Domain sebagai alamat, artikel sebagai isi, dan hosting sebagai wadah online untuk menampung domain dan artikel agar blog kalian bisa di akses oleh pengunjung.

Jadi peran hosting dalam blog kalian adalah untuk menampung file yang telah kalian masukkan ke dalam blog tersebut. File tersebut dapat berupa gambar, video, suara, document, script, dll.

Manfaat Hosting Untuk Situs atau Blog

Sesuai dengan perannya yaitu sebagai wadah atau space, hosting memiliki manfaat bagi sebuah situs atau blog, salah satunya sebagai media penyimpanan file yang berhubungan dengan dunia website.

Pada sebuah situs atau blog pasti mengandung berbagai file yang dibutuhkan di dalamnya, seperti gambar, suara, video, script, dan file-file lainnya.

File tersebut awalnya diunggah oleh pemilik blog dan disimpan di dalam hosting sehingga file tersebut dapat diakses oleh pengunjung.

Contoh, kalian mengunjungi sebuah blog yang berisi artikel yang di dalamnya terdapat gambar. Gambar yang terdapat pada artikel tersebut dapat ditampilkan karena sebelumnya telah disimpan di hosting.

Jadi jika disimpulkan, hosting itu seperti harddisk online yang dapat diakses 1×24 jam nonstop menggunakan jaringan internet.

Hosting juga mempermudah pemilik blog dalam mengelola situsnya melalui pengaturan yang dinamakan CMS.

Baca Juga : Apa Itu Seo : Manfaat dan Tujuan Penggunaan Seo Pada Blog

Bagaimana Cara Mendapatkan Hosting?

Hoting bisa kalian peroleh secara gratis maupun berbayar. Kalian bisa memilih dari kedua pilihan tersebut sesuai dengan keinginan.

Hosting Gratis

Jika kalian menginginkan layanan hosting gratis bisa melalui penyedia hosting gratis seperti blogger dan wordpress yang paling terkenal dan banyak digunakan. Kalian bisa menggunakannya secara gratis, namun syaratnya kalian juga harus membuat blog dengan nama domain dari layanan yang mereka sediakan.

Selain kedua platform tersebut sebenarnya masih banyak penyedia hosting gratisan namun saya lebih menyarankan blogger dan wordpress karena kualitas koneksinya sangat bagus serta diberikan selamanya.

Hosting Berbayar

Sedangkan untuk hosting yang berbayar, kalian diharuskan membayar sejumlah uang untuk membeli layanan hosting tersebut. Membeli disini artinya bukan untuk memiliki seutuhnya, namun sebagai biaya sewa untuk jangka waktu tertentu saja.

Misal kalian membeli layanan hosting dengan jangka waktu 1 tahun, maka setelah satu tahun jika hosting yang anda sewa tidak diperpanjang maka situs kalian tidak bisa diakses lagi oleh pengunjung.

Berapa Harga Untuk Hosting Berbayar?

Untuk harga tergantung dari kapasitas penyimpanan yang kalian inginkan. Sebagai contoh kalian memesan hosting yang paling murah dengan kapasitas 300 MB harganya kisaran 100 ribu rupiah per tahun.

Atau jika ingin kapasitas yang lebih besar misal, 750 MB, 2 GB, atau 5 GB. Namun harganya tentu mengikuti dari berapa besar kapasitas yang kalian inginkan. Kalau untuk blog pribadi kapasitas 300 MB sudah lebih dari cukup, namun kalau blog untuk bisnis minimal menggunakan kapasitas 2 GB.

Kapan Hosting Itu Dibutuhkan?

Jika kalian terjun ke dunia blog untuk mengejar penghasilan, maka saya sarankan gunakan hosting berbayar agar kalian lebih leluasa dalam mengelola blog.

Namun jika tujuan kalian terjun ke dunia blog hanya sekedar menulis tentang kehidupan pribadi, saya sarankan lebih baik menggunakan hosting gratis dari blogger atau wordpress.

Baca Juga : Apa Itu Domain? Apa Fungsi Dan Hubungannya Dengan Blog?

Kesimpulan

Dari penjelasan saya di atas dapat disimpulkan bahwa hosting merupakan tempat penyimpanan online untuk berbagai file yang dibutuhkan oleh pengelola situs atau blog.

Saya kira cukup informasi tersebut yang bisa saya sampaikan mengenai apa itu hosting. Semoga informasi tersebut menambah wawasan kalian mengenai belajar ngeblog.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here