Membuat blog bukanlah perkara yang sulit dilakukan, siapa saja bisa dengan mudah membuat sebuah blog. Namun kadang yang sering menjadi kebimbangan adalah saat menentukan nama domain yang tepat untuk blog yang akan dibuat. Tapi jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan beberapa tips memilih nama domain blog yang tepat dan tentunya seo friendly.

tips memilih nama domain blog

Percaya tidak percaya, nama domain blog yang kalian pilih merupakan titik awal untuk menentukan arah dan tujuan blog. Jika nama domain yang kalian tentukan tepat, maka saya yakin blog kalian akan cepat berkembang dan memiliki daya saing.

Baca Juga :
Apa Itu Domain? Apa Fungsi Dan Hubungannya Dengan Blog?

5 Tips Memilih Nama Domain Blog Yang Baik

Untuk memilih nama domain yang tepat, saya sarankan pikirkan secara matang sebelum anda menentukan. Pikirkan dengan pikiran yang jernih, dan baca tips di bawah ini sebagai pedoman kalian dalam menentukan sebuah nama blog.

1. Jangan Lupa Niat Dan Berdoa

Hal ini yang sering kalian abaikan, bahwa niat dan doa merupakan poin penting sebelum anda menentukan sebuah pilihan dari banyaknya pilihan yang kalian hadapi. Mintalah petunjuk dalam berdoa, agar diberikan pencerahan dalam memilih nama domain.

Mudah-mudahan dengan mengawalinya dengan doa, apa yang kalian tentukan akan memberikan manfaat dan barokah. Terutama untuk kesuksesan blog yang akan kalian buat.

2. Tentukan Niche Blog

Kenapa harus niche blog terlebih dulu? Bukankah menentukan nama domain dulu baru menentukan niche blog?

Ini yang salah kaprah, kadang blogger justru menentukan nama domain dulu baru niche blog. Hasilnya pasti jauh dari kata Seo friendly, ujung-ujungnya kurang memiliki brand image.

Baca Juga :
Membuat Blog Dengan Satu Niche Blog Atau Lebih? Mana Yang Terbaik?

Jika saya ibaratkan seperti seorang ayah mau menamai bayinya yang baru lahir. Topik blog adalah Jenis kelaminnya, sedangkan nama domain adalah calon nama buat bayi.

Jadi kalau si ayah belum tahu jenis kelamin bayinya, pasti akan sulit menentukan nama yang cocok buat bayi tersebut.

Begitu juga dengan nama domain, kalau belum tahu niche blog yang akan diangkat maka akan sulit untuk menentukan nama domain yang tepat.

3. Relevan Dengan Niche Blog

Setelah kalian menentukan niche blog, tips selanjutnya adalah tentukan nama domain yang relevan dengan niche blog tersebut.

Contoh, kalian akan mencari nama domain untuk blog yang memiliki niche blogging. Saya sarankan buatlah nama domain yang ada kaitannya dengan blogging. Misal, contohblog, tutorialblog, intanblog, template, seo, dll.

Atau jika blog kalian memiliki  niche bisnis. kalian bisa memberikan nama domain dengan bisnisku, mybisnis, newsbisnis, profitku, saham, dll.

Kalian bisa kreasikan sendiri untuk nama domainnya sesuai dengan yang kalian inginkan, asalkan harus relevan dengan niche blog. Tujuannya agar memiliki brand image untuk blog kalian.

Baca Juga :
Pengertian Seo On Page Dan Cara Penggunaannya Pada Blog

4. Jelas dan Mudah Diingat

Nama harus jelas dan mudah diingat, tujuannya untuk mempermudah pengunjung jika suatu saat ingin mengunjungi blog kalian kembali.

Hindari penggunaan nama dengan kombinasi angka acak. Contoh, bisnis39526, blog24315, dll. Ini justru terlihat kacau dan susah diingat.

Jika namanya mudah diingat dan menggunakan ejaan yang jelas, maka bukan tidak mungkin blog kalian akan memiliki banyak pengunjung tetap.

5. Gunakan Ekstensi Seperti .com, .id, .net, dll

Kalian ingin membuat blog dengan serius dan untuk tujuan yang serius?

Maka saya sarankan gunakan nama domain kalian dengan eksktensi berbayar seperti di atas. Selain lebih terlihat profesional, nama domain dengan ekstensi di atas akan lebih diprioritaskan oleh search engine.

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak tips yang tersedia di Google, hanya saja menurut saya yang paling menentukan adalah 5 poin di atas.

Itulah penjelasan singkat saya mengenai tips memilih nama domain yang baik dan tepat dan seo friendly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here